Rabu, 04 Februari 2009

Shaman Guide how to play Resto Shaman on 2.4.3

Shaman Talent
  • Elemental
  • Enhancement
  • Restoration
Pada saat ini saya membahas habis tentang shaman restoration sedangkan untuk 2 talent lainnya silahkan tunggu postingan saya berikutnya ^_^

Penjelasan singkat Shaman Resto

Talent tree restoration berfokus pada kemampuan healing shaman, mengurangi waktu casting skill dan mp yang di gunakan, menambah kemampuan totem dan membuat skill healing lebih efektif. Talent point terakhir pada restoration adalah Earth Shield, yang menyerupai sebuah shield dengan 6 kali charges, ketika di serang shield ini akan melakukan auto heal pada pemakainya dan besarnya heal teresebut tergantung dari +healing yg ada pada statusnya. Karena kontribusi talent restoration sangat besar pada suatu grup ataupun raid membuatnya selalu dibutuhkan setiap saat, walaupun damage yg di hasilkan shaman tersebut kecil. Dengan adanya patch baru (2.0.1) membuat shaman restoration tidak mudah untuk di jatuhkan pada setiap pertarungan, karena pada patch tersebut muncul skill baru yakni Earth Shield dan Nature Guardian, jadi ketika shaman tersebut diserang dan HP-nya mencapai 30% maka skill ini kemungkinan akan aktif untuk melakukan auto heal sebesar 10% dari health pointnya(HP).


Talent Build

Saya tidak menyarankan talent resto sebagai leveling build, karena menurut saya untuk melakukan solo leveling sangatlah membosankan. Tanpa berfokus talent restoraion shaman tetap melakukan healnya dengan baik. Ketika level sudah mencapai 70 menurut saya adalah saat yang tepat untuk menggantinya ke talent restoration.(soalnya grup/raid lebih membuka kesempatan untuk healer).

Sekali lagi saya hanya menyarankan tapi itu bukanlah mustahil untuk restoration solo build. Kemampuan untuk survive dalam pertarungan sangat baik, apalagi ketika dia mencapai level 50++ mendapatkan skill Earth Shield yang membuatnya menjalankan quest-quest jadi lebih mudah. Anda bisa menarik mobs dan melakukan solo pada elite mobs tertentu, sehingga quest yang harusnya di buat untuk party tetapi bisa diselesaikan sendiri oleh anda. Walaupun DPS yang dihasilkan kecil tapi itu sebanding dengan kemampuan survive yang sangat tinggi.

Imporoved Healing Wave-5 points-Mengurangi casting time dari healing wave (bagus untuk build healing)

Tidal Focus-5 points-Mengurangi pemakaian mana dari semua skill heal (bagus untuk semua talent)

Improve Reincarnation-2 points-Mengurangi delay skill reincarnation 20 menit dan menambah mana 20% ketika hidup (bagus untuk build raid)

Ancestral Healing-5 points-Menambah armor target selama 15 detik setelah menerima critical dari skill heal shaman (nice buat healing)

Totemic Focus-5 points-Mengurangi pemakaian mana ketika mengeluarkan totem.(bagus untuk semua talent)

Nature Guidance-3 points-Menambah chance to hit untuk melee dan spell. (bagus untuk dps build)

Healing Focus-5 points-Menambah chance to avoid interruption ketika melakukan heal.(bagus untuk PvP, Solo, ataupun PvE)

Totemic Mastery-1 points-Menambah radius dari totem 30 yard.(naiz talent)

Healing Grace-3 points-Mengurangi threat dari skill heal.(bagus untuk build healing, PvE)

Restorative Totems-5 points-Menambah efek dari skill Mana spring dan Healing stream totem, syarat untuk mengambil skil mana tide totem.(bagus untuk solo, PvE)

Tidal Mastery-5 points-Menambah critical dari skill heal dan spell.(bagus untuk build healing dan spell)

Healing Way-3 points-Menambah efek dari skil Healing Wave dengan bonus heal 6% dan stack hingga 3 kali

Nature Swiftness-1 points-Ketika skill ini aktif maka dalam 10 detik bisa melakukan instant cast untuk semua skill nature. (bagus untuk semua talent)

Focused Mind-3 points-Mengurangi durasi dari silence dan interrupt.(bagus untuk PvP)

Purification-5 points-Menambah Ke-efektifan dari skill heal.(bagus untuk build healing)

Mana Tide Totem-5 points-Menambah 6% dari total mana setiap 3 detik selama 12 detik.(bagus untuk party)

Nature Guardian-5 points-Menambah chance heal sebanyak 10% dari total HP ketika HP di bawah 30% (bagus untuk PvP, Solo build)

Nature Blessing-3 points-Menambah spell damage dan healing 30% dari intellect.(bagus untuk build healing)

Improve Chain Heal-2 points-Menambah besarnya heal pada skill chain heal. (bagus untuk build healing) Earth Shield-1 points-Menambah 30% chance to avoid interrupt dan melakukan auto heal ketika terkena damage masuk.(bagus untuk build healing)

  • Solo PvE - (0-0-611)
  • Group PVE - (0-5-56)
  • PVP- (0-7-54)
  • Hybrid - (31-0-30)
pasti banyak yg ga setuju dengan talent build ini hehehehe, silahkan untuk memilih talent yg menurut pikiran anda nyaman...

Kenali diri kalian sebagai Shaman Restoration...

Sebagai shaman resto anda membawa 3 keunggulan ketika anda berada dalam grup/raid yang tidak di miliki oleh class healer lainnya : Chain heal, Bloodlust dan Totems. Anda bisa melakukan heal kepada beberapa target hanya dengan sekali cast dan tidak ada class lain seperti shaman yang memiliki banyak buff untuk di berikan ke partynya.

  1. Kenali situasi dan kondisi pertarungan. Anda harus mengetahui apa yang akan terjadi pada setiap fase dan bisa menempatkan diri secara tepat untuk menghindari damage. Perhatikan Aggro pada setiap transisi dan lakukan heal pada saat yg tepat.

  2. Kenali character yang anda heal. Anda harus bisa menebak kemana Tank anda bergerak ketika bertarung. Anda akan terlihat lemah sebagai healer jika mengatakan "Kalian tidak bisa di heal karena line of sight" Kenali monster yang akan di tanking. Apakah dia membuat damage yg stabil atau damage yang signifikan ? apakah mempunyai special attacks ? Berapa besar damage yg masuk ke armor plate ?.
    Ketahui skill-skill yang dimiliki oleh tank anda. Apakah dia warior protect atau dps warior yang menggunakan item tank ?? Apakah item yg dimilikinya sepadan untuk tanking ?? Lakukan inspect jika anda belum pernah party/raid bersamanya.

  3. Berkomunikasi dengan class healer lain. Jika anda ditugaskan dengan class healer lain melakukan heal pada 1 target yang sama, berkomunikasi dengannya dan buatlah sebuah strategi yg singkat, seperti posisi berdiri dan hal lain untuk membuat heal anda lebih efektif.

  4. Monitor health bar teman. Cari jalan yg mudah agar anda bisa melihat keadaan health bar pada setiap orang di dalam grup/raid. Misalnya gunakan addons Xperl, Grid atau Pitbull.

  5. Bawa beberapa set item anda. Utamakan +healing, mp5, spell haste, spirit, stamina dan gear yang memiliki resist(seperti shadow resist gear). Setiap boss memiliki skill yang berbeda. Kadang-kadang setiap pertarungan mengharuskan anda memiliki banyak stamina agar selamat. Kadang-kadang anda tidak memiliki shadow priest di grup anda. Gunakan addon ItemRack yang memudahkan pergantian gear secara cepat.
Attributes
  • Setiap 1 point dari strength meningkatkan block shield dari serangan musuh.
  • Setiap 1 point dari intellect bertambah 15 mana.
  • Setiap 1 point dari stamina bertambah 10 health.
  • Setiap 10 point dari spirit menghasilkan regenerasi 1 mana per-second. (untuk mana per-second / MP5 sangat penting untuk shaman, akan saya bahas jika waktu sempat)
  • Setiap 18 point dari spirit menambah regenerasi health 1 mana per-second.
Skill Utama Shaman

nb : 5/5 improved healing wave, 5/5 tidal focus, 5/5 totemic focus, 5/5 restorative totems, 5/5 tidal mastery, 3/3 healing way, 5/5 purification, 3/3 nature blessing, 2/2 improve chain heal

Chain Heal

Chain heal adalah skill heal shaman yg paling efisien

Chain heal melakukan lompatan ke 3 target. Lompatan tersebut tergantung dari karakter yang paling banyak kehilangan health pointsnya. Setiap lompatan mengurangi besarnya healing done sebanyak 50%. Jarak lompatan skill 10-15 yards. Jika tidak ada target di kisaran range tersebut maka dia tidak akan melompat dan akan melakukan heal pada dirinya sendiri.
Chain heal bisa mendapatkan critical heal pada setiap lompatannya. Critical heal tersebut akan mengaktifkan skill Ancestral Fortitude.

Terdapat bug pada chain heal. Jika Chain heal itu mengenai shaman pada lompatan ke dua (setelah target pertama), maka dia tidak akan melakukan lompatan ketiga. Untuk sebaiknya anda mencari posisi yang tepat atau melakukan heal pada shaman terlebih dahulu agar bisa melompat pada target ke dua ataupun ketiga.

Chain heal adalah salah satu skill heal terbaik di world of warcraft, sepertihalnya prayer of mending dan lifebloom. Biasanya di banyak pertarungan anda menggunakannya sebesar 80%.

Banyak shaman menurunkan ranking (downrank) chain heal ke rank 4 (dan ada juga yang sampai rank 2). Dengan menggunakan rank 4 mana yang berkurang 19% dari mana total dan kehilangan 10% dari healing power.

Jika mana points (mp) tidak menjadi kendala buat anda, lakukan spam heal dan jangan melakukan cancel pada setiap casting chain heal, walaupun hp target anda full tetapi ada masih ada player lain yang kurang hp nya. Sehingga membuat chain heal anda tetap bernilai.

Healing Wave

Merupakan skill heal shaman yang paling besar , membutuhkan waktu 2.5 s untuk cast(3.0 s tanpa talent). Healing wave mempunyai talent pendukung yaitu Healing Way. Jika target di berikan healing wave sebanyak 3 kali maka akan mendapatkan 18% tambahan dari bonus healing dan status healing way berlangsung selama 15 detik. Healing wave sangat berguna pada PVE untuk digunakan kepada tank anda. Talent pendukung : Healing Way, Improved Healing wave, Purification, Nature Blessing, Nature Swiftness, Tidal Focus, Tidal Mastery, Healing Grace, Clearcasting (elemental talent), Ancestral Healing.


Lesser Healing Wave

Skill heal shaman yg paling cepat ketika cast. Membutuhkan sedikit mana daripada healing wave. Skill lesser healing wave sangat berguna ketika pvp, dengan waktu casting yang lebih cepat dari heal lain membuat target anda lebih aman. Atau ketika anda dalam keadaan terdesak dalam pertarungan maka lesser healing wave adalah cara yg cepat untuk digunakan. Namun ketika raid sebaiknya anda menggunakan chain heal karena kemampuannya untuk melakukan lompatan heal ke beberapa target (efisien dan efektif). Talent pendukung : Purification, Nature Blessing, Nature Swiftness, Tidal Focus, Tidal Mastery, Healing Grace, Ancestral Healing.

Earth Shield

Shield dengan 6 charges untuk melakukan heal pada pemakainya ketika terkena damage. Bonus heal pada earth shield berasal dari +healing pada shaman. Setiap charges bisa melakukan critical healing namun di bisa mengaktifkan talent Ancestral Healing. Talent purification dengan earth shield hanya berpengaruh pada shaman. Menurunkan ranking skill pada earth shield terbilang cukup efektif karena tidak terpengaruh dari +heal stat. Fungsi menghindari interup sebanyak 30% akan stack terhadap interup bonus lainnya seperti pd talent Healing Focus.

Patch Changes
Resto Shaman Change pada 2.4 (PVE Only)
  • Global Cooldown ketika mengeluarkan totem berkurang dari 1.5 s menjadi 1 s
  • Spell haste pada item healing sangat berguna. Spell haste mengurangi global cooldown pada setiap skill, dengan batas minimum 1 s.
  • Earth Shield : Mana cost berkurang 1/2 dari 900 mp menjadi 450 mp, charges di turunkan dari 10 menjadi 6.
  • Tremor totem aktif pada setiap 3 detik, turun dari sebelumnya 4 detik.
  • Archon's Gavel menjadi alternatif bagi shaman yang tidak mempunyai [Crystal Spire of Karabor].
  • Ketika melakukan reset talent, karakter tidak perlu melakukan upgrade ulang skill earth shieldnya kembali, karena skill tersebut tidak turun rankingnya.
  • Perubahan pd [Totem of Living Water]. Mengurangi mana cost pada skill chain heal sebanyak 19 menjadi 20.
Resto Shaman Change pada 2.4.2 (PVE only)
Resto Shaman Change pada 2.4.3 (PVE only)
  • Memasang item pada saat spell cast akan menggagalkan proses tersebut.

STILL PROCESS = EARTH SHIELD, WATER SHIELD, SHAMAN MANA, SPELL HASTE, TOTEMS, GEMS, ENCHANTS, PVE GEAR, MACROS, PROFESSION, THEORYCRAFT SHAMAN SKILL, ADDONS.

NEXT ON MY BLOG = SHAMAN RESTO TACTICS, SHAMAN RESTO PVP.

2 komentar:

  1. cn u translate in english ??

    BalasHapus
  2. hehe....!!! boss...,,, ini penjelasan untuk Shaman patch kapan ???? lvl 70 or buat lvl 80 ????


    thx yah :D

    BalasHapus